6 Tips Traveling Nyaman bagi Ibu Hamil
Kondisi hamil membuat perjalanan bisa menjadi sebuah aktivitas yang menyulitkan dan melelahkan bagi tubuh. Apalagi, seringkali pola makan di saat bepergian menjadi kacau dan tidak teratur seperti biasanya. Padahal, ibu hamil harus menjaga kondisinya tetap sehat dan mendapatkan nutrisi yang cukup bagi bayi dalam kandungan. Namun, jangan khawatir jika pun kamu sedang hamil dan akan bepergian jarak jauh. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.
1. Minum air Tak sedikit orang yang jarang minum ketika bepergian. Tapi, jangan pernah melupakan minum ketika kamu hamil. Kamu bahkan harus minum lebih banyak ketika hamil. Bawalah botol minum ukuran besar dan minum secara berkala. Air tidak akan menggantikan peran makanan, namun air bisa mencegah munculnya rasa lapar.
2. Makan sebelum ke pergi Makanlah sesuatu sebelum kamu pergi, atau kamu bisa membawanya sebagai bekal. Jika ingin praktis, kamu bisa membawa roti isi, oatmeal, atau sereal, dan susu. Ahli gizi teregistrasi dan personal trainer tersertifikasi, Lauren Schmitt, memberikan saran khusus. Pilihlah karbohidrat kaya serat, protein, dan lemak sehat untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup kebutuhan makronutrien. “Kombinasi gizi tersebut juga akan membantu kita kenyang lebih lama, sehingga kita tidak mengonsumsi makanan rendah nutrisi di sekitar kita saat bepergian,” kata Schmitt.  Jika tidak, kita akan merasa lapar. Ketika lapar, keputusan memilih makanan seringkali tidak tepat.
3. Bawa makanan ringan Bawalah makanan ringan ketika bepergian. Buatlah jadwal belanja rutin dan belilah beberapa cemilan ringan sehat yang sudah kamu tulis dalam daftar. Schmitt menyarankan untuk mencari cemilan yang praktis dan terlalu banyak melalui proses. Kamu juga bisa memilih apel sebagai cemilan atau muffin ketimbang keripik kentang atau kue kering. Pastikan pula cemilan kita masih bisa dimakan untuk perjalanan pulang.
4. Bawa bekal Jangan malu untuk membawa bekal makan. Ketika naik pesawat, misalnya, makanan yang didapatkan seringkali tak disertai keterangan. Sehingga kita tidak tahu apa kandungan dari makanan yang kita makan. Ketika menaiki kendaraan umum lainnya, kita belum tentu mendapatkan makanan. Bekal yang dibawa tak perlu terlalu hebat. Kamu bisa memilih makanan sederhana seperti keju batangan, biskuit gandum, buah, wortel, edamame, dan makanan sehat lainnya. “Pilihlah makanan bergizi lengkap yang bisa membuat kita tetap kenyang,” kata dia.
5. Jangan tunggu lapar Kita semua tahu bahwa berbelanja ketika lapar seringkali membuat seseorang kalap dan berakhir memilih makanan yang salah. Kondisi tersebut akan lebih buruk ketika kamu hamil atau bepergian dengan pesawat. Belilah sesuatu untuk dimakan dan jangan tunggu kamu lapar.

6. Hindari makanan bergaram dan diproses Traveling bisa mengacaukan tubuh seseorang yang sedang hamil karena adanya peningkatan sejumlah kondisi, seperti dehidrasi, bengkak, hingga paparan kuman. Ketika membeli makanan, pastikan membaca labelnya dan hindari makanan tinggi garam.  Apalagi jika kamu bepergian menggunakan pesawat. Kondisi saat terbang bersama pesawat akan menyebabkan seseorang mengalami kelebihan cairan. Sehingga kamu tak memerlukan tambahan garam untuk membuatnya lebih parah. Cemilan dengan kandungan sodium lebih dari 200mg harus dihindari.

Sumber : kompas.com